Contoh Makalah Minimalisasi Kecurangan Dalam Ujian Nasional

Judul Contoh Makalah: 

Contoh Makalah Minimalisasi Kecurangan dalam Ujian Nasional

 Contoh Makalah Minimalisasi Kecurangan dalam Ujian Nasional Contoh Makalah Minimalisasi Kecurangan dalam Ujian Nasional
Contoh Makalah Minimalisasi Kecurangan dalam Ujian Nasional


Keterangan Contoh Makalah:

Contoh Makalah Minimalisasi Kecurangan dalam Ujian Nasional. Download File Format .doc atau .docx Microsoft Word.

Berikut ini kutipan dari isi makalah:

ABSTRAK
Kecurangan dalam ujian, termasuk Ujian Nasional (UN), merupakan hal yang kerap ditemukan dalam dunia pendidikan Indonesia. Dengan meninjau sejarah pelaksanaan ujian berskala nasional (seperti UN, EBTANAS, dsb.) di Indonesia, dan tujuan dari pelaksanaannya serta imbas dari tindakan kecurangan terhadap tujuan ini, sanggup dilihat bahwa kecurangan dalam UN ialah duduk masalah yang berdampak serius pada dunia pendidikan Indonesia. Meskipun duduk masalah krusial ini tidak bisa sepenuhnya ditiadakan, tetap sanggup diminimalkan demi meningkatkan mutu penilaian pendidikan di Indonesia melalui UN. Oleh alasannya itu, penentuan faktor penyebab pelaksanaan tindakan kecurangan, serta tindakan yang sanggup dilakukan untuk meminimalkan kecurangan, menjadi tujuan dari penyusunan makalah ini. 

Dalam penyusunan makalah ini, dipakai metode deskriptif-analitis dengan pendekatan empiris dan rasional. Data dikumpulkan melalui peninjauan pustaka, yang sanggup berupa buku maupun laman web. Selain itu, dilakukan wawancara dengan mantan akseptor UN dan narasumber. Dengan demikian, diperoleh pengalaman eksklusif dari akseptor ujian sekaligus opini yang dimiliki pihak hebat yang lebih memahami peranan yang dimiliki UN, dipadukan dengan warta yang didapatkan melalui pustaka. 

Kasus kecurangan yang diperoleh dari pengumpulan data akan ditinjau menurut pelaku dan jenis tindakannya. Selain itu, ditentukan juga faktor pendorong pelaksanaan tindakan kecurangan tersebut, yang bervariasi. Berbagai macam tekanan, menyerupai psikologis maupun ekonomik, sanggup mendorong seseorang untuk melaksanakan tindakan kecurangan. Dengan meninjau hal ini dan memilih cara untuk mengurangi—bahkan meniadakan—keberadaan faktor-faktor ini, praktik kecurangan dalam UN sanggup diminimalkan demi peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.

BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Keberadaan kecurangan dalam Ujian Nasional bukanlah hal yang baru, dan bukan pula hal yang gampang ditiadakan. Tindakan kecurangan dalam ujian sudah ada semenjak pelaksanaan pendahulu Ujian Nasional menyerupai EBTANAS, dan UAN, sampai pelaksanaan Ujian Nasional yang terkini pada tahun 2010. Bahkan, tindakan kecurangan sudah lumrah ditemukan pada ujian berskala lebih kecil menyerupai ujian harian. 

Kecurangan dalam ujian, lebih spesifiknya Ujian Nasional, mempunyai imbas yang negatif bagi banyak sekali pihak. Salah satunya ialah tidak tercapainya tujuan dari pelaksanaan Ujian Nasional, yakni peningkatan mutu pendidikan di Indonesia . Kecurangan, yang merupakan menandakan bahwa pelajar tidak mengatakan kemampuannya sendiri dalam pengerjaan ujian, menciptakan data yang didapatkan dari pelaksanaan Ujian Nasional tidak kredibel.

Dapat dilihat bahwa kecurangan akademis menyerupai ini merupakan duduk masalah yang perlu ditanggapi dengan serius oleh semua pihak yang terlibat dalam proses pendidikan yang berjalan di Indonesia. Meskipun tidak bisa dimungkiri bahwa kecurangan tidak bisa sepenuhnya ditiadakan, keberadaannya tetap sanggup diminimalisasi; hanya dengan melaksanakan inilah mutu pendidikan di Indonesia sanggup ditingkatkan.

1.2. Rumusan Masalah
Rumusan duduk masalah yang dibahas dalam makalah ini sanggup ditemukan dalam research questions berikut:
  • Apa sajakah faktor yang menjadikan sekaligus mendorong pelaksanaan tindakan kecurangan dalam praktik ujian nasional?
  • Apa yang sanggup dilakukan untuk meminimalkan pelaksanaan tindakan kecurangan dalam Ujian Nasional?

1.3. Tujuan
Melalui penulisan makalah ini, penulis berharap akan memperoleh citra mengenai penyebab tindakan kecurangan dalam pelaksanaan Ujian Nasional semoga mutu penilaian pendidikan sanggup ditingkatkan. Selain itu, cara untuk meminimalkan kecurangan dalam Ujian Nasional akan ditemukan.

1.4. Manfaat
Sesuai dengan yang tertulis pada Tujuan, penulisan makalah dibutuhkan sanggup menghasilkan citra yang terperinci mengenai penyebab tindakan kecurangan dalam Ujian Nasional, sehingga frekuensi pelaksanaannya pun sanggup diminimalkan. Inilah yang kelak bisa meningkatkan mutu Ujian Nasional.

1.5. Ruang Lingkup
Ruang lingkup makalah ini meliput beberapa aspek yang perlu diteliti dalam peninjauan tindakan kecurangan dalam Ujian Nasional tingkat SMA/MA. Pertama, akan ditelaah latar belakang dari pelaksanaan Ujian Nasional di Indonesia. Hal ini meliput sistematika pelaksanaan Ujian Nasional, serta riwayat pelaksanaan Ujian Nasional dan pendahulunya menyerupai EBTANAS dan UAN. Selain itu, pelaksanaan aktual Ujian Nasional dan prevalensi kecurangan di dalamnya akan dirangkum dari reportase mantan peserta. Kemudian, kecurangan dalam Ujian Nasional akan ditinjau menurut pelakunya dan jenis tindakannya.

1.6. Metode dan Teknik Pengumpulan Data
1.6.1. Metode Penelitian
Dalam penyusunan makalah ini, metode penelitian yang dipakai ialah metode deskriptif-analitis. Metode ini memakai pendekatan empiris dan rasional, yakni melalui peninjauan pustaka dan pengumpulan data eksklusif melalui wawancara.

1.6.2. Teknik Pengumpulan Data
Data dikumpulkan melalui peninjauan pustaka dan wawancara. Akan dilakukan peninjauan banyak sekali pustaka, buku maupun laman web, yang berkaitan dengan Ujian Nasional. Pihak-pihak yang akan diwawancara ialah mantan akseptor Ujian Nasional.

1.7. Sistematika Penulisan
Makalah ini terdiri atas empat bab. Pertama, Bab I: Pendahuluan, yang meliputi subbab Latar Belakang, Rumusan Masalah, Tujuan, Manfaat, Ruang Lingkup, Metode dan Teknik Pengumpulan Data, dan Sistematika Penulisan. Pada Bab II: Ujian Nasional, diberikan sedikit latar belakang dari Ujian Nasional, dari fungsi, sampai sistematika pelaksanaannya, dan riwayat ujian berskala nasional pendahulunya. Bab III: Kecurangan dalam Ujian Nasional, sesuai judulnya, mempunyai konteks pembahasan yang spesifik mengacu pada kecurangan dalam UN. Pembahasan dimulai dengan fakta di lapangan dikala penerapan aktual ujian nasional yang tidak sesuai citra ideal alasannya keberadaan kecurangan. Kemudian, dibahas juga penyebab dan imbas dari keberadaan tindakan kecurangan dalam pelaksanaan UN. Bab IV: Kesimpulan dan Saran menampung kesimpulan dari bab-bab sebelumnya serta saran untuk perbaikan.

Preview Contoh Makalah:

Contoh Makalah Minimalisasi Kecurangan dalam Ujian Nasional


Download Contoh Makalah:

[ Format File .doc / .docx Microsoft Word ]

Contoh Makalah Minimalisasi Kecurangan dalam Praktik Ujian Nasional.docx



Demikian share file Contoh Makalah Minimalisasi Kecurangan dalam Ujian Nasional, semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: